10 Penyakit Mental Artis Hollywood

10. Self-Injury
Self injury (menyakiti/melukai diri sendiri) dapat didefinisikan sebagai tindakan mutilasi (mencacati) pada tubuh atau bagian tubuh dengan sengaja, tidak dengan tujuan bunuh diri tetapi sebagai suatu cara untuk melampiaskan emosi-emosi yang terlalu menyakitkan untuk diekspresikan dengan kata-kata.
Self injury dapat berupa mengiris, menggores kulit atau membakarnya, atau mememarkan tubuh lewat kecelakaan yang sudah direncanakan sebelumnya. Dalam kasus-kasus yang lebih ekstrim mereka bahkan mematahkan tulang-tulang mereka sendiri, memakan barang-barang yang berbahaya, mengamputasi tubuh mereka sendiri, atau menyuntikkan racun ke dalam tubuh.

Christina Ricci

self-injury


9. Obsessive Compulsive Disorder (OCD)
Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan salah satu bentuk kelainan kecemasan klinis yang ditandai dengan adanya perilaku obsesif (harus - dan tanpa toleransi), yang berkaitan dengan perilaku kompulsif (melakukan sesuatu dengan berulang-ulang).
Perilaku kompulsif ini bertujuan untuk menenangkan perilaku obsesifnya.

8. Sleep Disorder (Insomnia)
sleep disorder yg paling disorot disini adalah insomnia.karena hampir rata2 para artis ini sangat susah mencari waktu tidur.mereka benar2 kerja tanpa kenal lelah,malah hampir 24 jam. Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan.
Justin Chambers adalah salah satu artis pengidap insomnia. Di channel yg gw tonton,dibilang kalo Justin Chambers pernah tidur cuma 2 jam dalam seminggu.. Bahkan kematian si Joker alias Heath Ledger juga sempat dikaitkan dengan overdosis obat2an yg dia konsumsi supaya dia bisa tidur..

Justin Chambers

Heath Ledger


insomnia :


7. Hoarding Obsession
obsesi untuk nimbun barang2 yg sebenernya gak berguna lagi,sehingga ngebuat tempat tinggal menjadi semacam "tempat sampah"..biasanya orang2 (artis terutama..) merasa sayang untuk ngebuang benda2 tsb karena hasil dari kerja keras mereka..kemungkinan hoarding obsession ini msh berhubungan dgn OCD..
source : Compulsive Hoarding

Delta Burke

contoh hoarding obsession :


6. Post Partum Depression
Depresi pasca melahirkan,Postpartum depression (PPD),merupakan bentuk depresi klinis yang dapat mempengaruhi perempuan setelah melahirkan.
Pengaruh depresi pasca kelahiran pada tiap orang berbeda-beda. Tapi ada beberapa gejala yang yang bisa Ibu waspadai, misalnya:
• Mengalami serangan panik atau kecemasan.
• Terus-menerus khawatir dengan kesehatan atau keamanan Ibu bahkan khawatir dengan orang-orang yang dekat dengan Ibu.
• Merasa bahwa Ibu adalah ibu atau orang yang jahat.
• Terus-menerus mengalami perasaan hancur.
• Sering merasa ingin menangis tanpa alasan yang jelas.
• Ingin tidur terus tapi tidak pernah merasa tenang.
• Sulit sekali tidur.
info lebih lanjut : PPD

Gwyneth Paltrow

Brooke Shield



5. Bipolar Disorder
Gejala Penyakit Manik-Depresif (Kelainan Bipolar)
Penyakit manik-depresif biasanya diawali dengan depresi dan meliputi setidaknya 1 episode mania dalam perjalanan penyakitnya.
Episode depresi berlangsung selama 3-6 bulan.
Pada bentuk penyakit yang paling berat (kelainan bipolar I), depersi diselingi oleh mania yang berat.
Pada bentuk yang tidak terlalu berat (kelainan bipolar II), episode depresi yang singkat diselingi dengan hipomania.
Bentuk yang lebih ringan adalah penyakit siklotimik, dimana periode kegembiraan dan depresi tidak terlalu berat, berlangsung hanya beberapa hari dan kambuh dalam selang waktu yang tidak beraturan.
info: Bipolar Disorder

Ben Stiller

Carrie Fisher (Princess Leia - "Star Wars"

4. Bulimia (Eating Disorder)
Merupakan penyakit mental yang ditandai dengan pola makan yang berlebihan dan berbahaya.
GEJALA:
-Rasa khawatir yang berlebihan terhadap bertambahnya berat badan
-Makan dalam jumlah yang besar lalu dimuntahkan
-Sakit tenggorokan yang kronis
-Penipisan lapisan email gigi
-Kebiasaan buang air tidak teratur
-Pembengkakan kelenjar ludah
-Dapat terjadi penurunan berat badan yang berat.
penyebabnya tidak diketahui secara pasti, namun diperkirakan ditimbulkan oleh kekhawatiran yang amat sangat terhadap kegemukan.
ini artis yg waktu mudanya mengalami Bulimia..

Katherine McPhee (American Idol)


3. Starving to be Thin (Anorexia)
Anorexia adalah kelainan psikis yang diderita seseorang berupa kurangnya nafsu makan meskipun sebenarnya lapar dan berselera terhadap makanan. Atau bisa juga dikatakan sebagai aktivitas untuk menguruskan badan dengan cara melakukan pembatasan makan secara sengaja dan control yang ketat. Pada dasarnya para penderita sangat lapar namun takut untuk makan karena bisa mengakibatkan naiknya berat badan.
Keinginan untuk menjadi kurus bisa jadi karena ada beberapa hal, yaitu diantaranya tidak puas tehadap diri sendiri, menganggap diri sendiri tidak menarik, atau mungkin karena desakan lingkungan yang selalu mengejek korban “gendut”.dan ternyata artisnya adalah..

anorexia :


2. Agoraphobia
bingung gak kalo artis,tapi panik saat diluar rumah? nah seperti itulah kira2 agoraphobia. ketakutan akan lingkungan asing/luar sehingga terkadang pengidapnya takut keluar rumah..
source:Agoraphobia

Kim Basinger


1. Depression
Depresi adalah suatu kondisi medis-psikiatris dan bukan sekedar suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi. Beberapa gejala Gangguan Depresi adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur.

Kirsten Dunst (muka lagi depresi..)

source: http://satriasputra.blogspot.com/2010/04/10-penyakit-mental-artis-hollywood.html
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KOMPAS.WEB.ID Powered by Blogger